Rabu, 30 November 2016

Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik


Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik

1)     Pertumbuhan fisik
Pertumbuhan fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang yang terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa
2)     Perkembangan Intelektual
Intelektual merupakan kata lain dari pkir: berkembang sejalan dengan perkembangan syaraf otak, maka kemampuan intelektual yang lazim disebut dengan istilah lain kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik. Perkembangan lebih lanjut akan ditunjukkan pada perilakunya untuk menolak dan memilih sesuatu. Fungsi ini terus berkembang mengikuti kekayaan pengetahuannya tentang dunia luar dan kekayaan didalamnya, sehingga pada saatnya seorang berkemampuan untuk melakukan sesuatu. Perkembangan ini juga dikenal dengan nama perkembangan kognitif.
3)     Emosi
Emosi dan perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia dalam hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia, banyak hal yang dibutuhkannya. Merupakan hal yang wajar bagi setiap individu jika ada kebutuhannya yang tidak terpenuhi, terutama kebutuhan primer, maka ia akan merasa kecewa dan sebaliknya, jika kebutuhannya terpenuhi, maka ia akan merasa senang dan puas. Hal inilah yang dimaksud dengan emosi manusia yang mengandung unsur senang dan tidak senang.
4)     Sosial
Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam keadaannya tentu tidak dapat hidup sendiri melainkan butuh bantuan dari manusia lain, oleh karena itu mulai dari seorang bayi menjadi seorang anak hingga menjadi orang dewasa, akan bertahap mengenal lingkungan yang lebih luas dan akan mengenal banyak manusia dan amat heterogenm namun umumnya setiap anak akan lebih tertarik bergaul dengan teman sebayanya yang sama jenis.
5)     Bahasa
Bahasa sebagai alat komunikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, drngan demikian dalam berbahasa ada dua pihak yang telibat, yaitu pihak penyampai dan pihak penerima. Dalam percakapan atau dalam berdialog, pihak-pihak itu saling bergantian fungsinya.
6)     Bakat khusus
Bakat merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan rangsangan atau latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik. Sesorang yang memiliki bakat akan cepat dapat diamati, sebab kemampuan yang dimilki akan berkembang dengan pesat dan menonjol. Bakat khusus merupakan salah satu kemampuan untuk bidang tertentu, seperti dalam bidang seni, olahraga, dan keterampilan.
7)     Sikap, Nilai dan Moral
Bloom (Woolfolk dan Nicolich, 1984) mengemukakan bahwa tujuan akhir dari proses belajar dikelompokkan menjadi tiga sasaran, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Piaget, pada awalnya pengenalan nilai dan perilaku serta tindakan itu masih bersifat “paksaan”, dan belum mengetahui maknanya. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan inteleknya, berangsur-angsur anak mulai mengikuti berbagai ketentuan yang berlaku didalam keluarga dan semakin lama semakin luas sampai dengan ketentuan yang berlaku didalam masyarakat dan negara.


semoga bermanfaat ya 😊😀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar