Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1)
Pertumbuhan fisik
Pertumbuhan fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar
dan lebih panjang yang terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa
2)
Perkembangan Intelektual
Intelektual merupakan kata lain dari pkir: berkembang sejalan dengan
perkembangan syaraf otak, maka kemampuan intelektual yang lazim disebut dengan
istilah lain kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu
menunjukkan fungsinya secara baik. Perkembangan lebih lanjut akan ditunjukkan
pada perilakunya untuk menolak dan memilih sesuatu. Fungsi ini terus berkembang
mengikuti kekayaan pengetahuannya tentang dunia luar dan kekayaan didalamnya,
sehingga pada saatnya seorang berkemampuan untuk melakukan sesuatu.
Perkembangan ini juga dikenal dengan nama perkembangan kognitif.
3)
Emosi
Emosi dan perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh
manusia dalam hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia,
banyak hal yang dibutuhkannya. Merupakan hal yang wajar bagi setiap individu
jika ada kebutuhannya yang tidak terpenuhi, terutama kebutuhan primer, maka ia
akan merasa kecewa dan sebaliknya, jika kebutuhannya terpenuhi, maka ia akan
merasa senang dan puas. Hal inilah yang dimaksud dengan emosi manusia yang
mengandung unsur senang dan tidak senang.
4)
Sosial
Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam keadaannya tentu tidak dapat
hidup sendiri melainkan butuh bantuan dari manusia lain, oleh karena itu mulai
dari seorang bayi menjadi seorang anak hingga menjadi orang dewasa, akan
bertahap mengenal lingkungan yang lebih luas dan akan mengenal banyak manusia
dan amat heterogenm namun umumnya setiap anak akan lebih tertarik bergaul
dengan teman sebayanya yang sama jenis.
5)
Bahasa
Bahasa sebagai alat komunikasi juga
dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, dan suara untuk menyampaikan isi
pikiran kepada orang lain, drngan demikian dalam berbahasa ada dua pihak yang
telibat, yaitu pihak penyampai dan pihak penerima. Dalam percakapan atau dalam
berdialog, pihak-pihak itu saling bergantian fungsinya.
6)
Bakat khusus
Bakat merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang
hanya dengan rangsangan atau latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang
dengan baik. Sesorang yang memiliki bakat akan cepat dapat diamati, sebab
kemampuan yang dimilki akan berkembang dengan pesat dan menonjol. Bakat khusus
merupakan salah satu kemampuan untuk bidang tertentu, seperti dalam bidang
seni, olahraga, dan keterampilan.
7)
Sikap, Nilai dan Moral
Bloom (Woolfolk dan Nicolich, 1984) mengemukakan bahwa tujuan akhir dari
proses belajar dikelompokkan menjadi tiga sasaran, yaitu kognitif, afektif, dan
psikomotor. Menurut Piaget, pada awalnya pengenalan nilai dan perilaku serta
tindakan itu masih bersifat “paksaan”, dan belum mengetahui maknanya. Akan
tetapi, seiring dengan perkembangan inteleknya, berangsur-angsur anak mulai
mengikuti berbagai ketentuan yang berlaku didalam keluarga dan semakin lama
semakin luas sampai dengan ketentuan yang berlaku didalam masyarakat dan
negara.
semoga bermanfaat ya 😊😀
Tidak ada komentar:
Posting Komentar