Teori
Kebutuhan Peserta Didik
Setaip
individu mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang hendak dipenuhi. Menurut Alfrooz
(1996), kebutuhan (need) adalah : “A natural requirement with, should be
satisfield in order to secure a better organis compatibility”. Sedangkan
Chaplin (2002) mendefinisikan need (kebutuhan) sebagai: (1) satu substansi
selular yang harus dimiliki oleh organisme ; (2) lebih umum, segala kekurangan,
ketiadaan/ketidaksempurnaan yang dirasakan seseorang. Dengan demikian, dapat
dipahami bahwa kebutuhan merupakan keperluan azasi yang harus dipenuhi,
kebutuhan muncul ketidakseimbangan dalam diri individu.
Maslow
menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenai
teori hierarki kebutuhan. Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan
atau hierarki, mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai
yang paling tinggi (aktualisasi diri). Adapun hierarki kebutuhan tersebut
adalah sebagai berikut.
1.
Kebutuhan
Fisiologis
Kebutuhan
paling dasar pada setiap orang adalah kebutuhan fisiologis yakni kebutuhan
untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Kebutuhan-kebutuhan itu, seperti
kebutuhan akan makanan, minuman, tempat berteduh, seks, tidur dan oksigen.
2.
Kebutuhan
Akan Rasa Aman
Setelah
kebutuhan-kebutuhan fisiologis terpuaskan secukupnya, muncullah apa yang
disebut Maslow sebagai kebutuhan-kebutuhan akan rasa amakn. Kebutuhan-kebutuhan
akan rasa aman ini di antaranya adalah rasa aman fisik, stabilitas,
ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam, seperti
perang, terorisme, penyakit, takut, cemas, bahaya, kerusuhan, dan bencana alam.
3.
Kebutuhan
Dicintai dan Disayangi
Jika kebutuhan
fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman telah terpenuhi, maka muncullah
kebutuhan akan cinta, kasih sayang dan rasa memiliki-dimiliki.
Kebutuhan-kebutuhan ini meliputi dorongan untuk bersahabat, keinginan memiliki
pasangan dan keturunan, kebutuhan untuk dekat dengan keluarga dan kebutuhan
antarpribadi seperti kebutuhan untuk memberi dan menerima cinta.
4.
Kebutuhan
Akan Penghargaan
Setelah
kebutuhan dicintai dan dimiliki tercukupi, manusia akan bebas untuk mengajar
kebutuhan akan penghargaan. Maslow menemukan bahwa setiap orang yang memiliki
dua kategori mengenai kebutuhan penghargaan, yaitu kebutuhan yang lebih rendah
dan lebih tinggi.
5.
Kebutuhan
Akan Aktualisasi Diri
Tingkatkan terakhir dari kebutuhan
dasar Maslow adalah aktualisasi diri. Kebutuhan aktualisasi diri adalah
kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi melibatkan keinginan yang
terus-menerus untuk memenuhi potensi.
Semoga Bermanfaat❤
Tidak ada komentar:
Posting Komentar