1.
Pendekatan Ilmiah-filsafati dalam Pendidikan Pancasila
Pendekatan ilmiah
mengandaikan adanya disiplin ilmu sebagai landasannya.
2.
Macam-macam Ilmu Pengetahuan a. Klasifikasi Ilmu Pengetahuan
– Ilmu-ilmu alam
(Natural Sciences)
– Ilmu-ilmu sosial
(Social Sciences)
– Ilmu-ilmu
kemanusiaan/humaniora (The Humanities)
b. Filsafat
sebagai Ilmu Kritis
“Filsafat adalah ciri
berpikir manusia yang bersifat radikal, sistematis dan universal.”
Sidi Gazalba
(1974)
Filsafat berciri
radikal karena hal yang dibicarakan diupayakan tuntas ke akar permasalahan
sampai kepada hakekatnya. Filsafat berciri sistematis artinya berpikir
secara logis selangkah demi selangkah dan
menunjukkan hu dandamenunjukan hubungan yang utuh
dan saling berkaitan satu sama lain. Filsafat berciri
universal dimaksudkan karena filsafat memandang persoalan secara umum,
menyeluruh, tidak terikat ruang dan waktu.
Objek kajian
dalam filsafat :
# Alam (Kosmologi)
# Manusia
(Filsafat manusia, Filsafat social-politik
Filsafat moral (etika), Filsafat
Kebudayaan)
# Tuhan (Filsafat
ketuhanan)
c. Ilmu
Pengetahuan Empiris
Ada syarat-syarat
tertentu yang harus dipenuhi sehingga sesuatu itu dapat dikatakan sebagai suatu
imu. Poedjawijaya menyebutnya sebagai syarat ilmiah (Kaelan, 1998), yaitu :
1. Berobjek
2. Bermetode
3. Bersistem
4. Bersifat Universal
Sumber: Kaelan. 2014. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar