- Teori Empirisme atau aliran empirisme bertolak dari Lockean Tradition yang mementingkan stimulasi eksternal dalam perkembangan manusia, dan menyatakan bahwa perkembangan anak tergantung kepada lingkungan, sedangkan pembawaan tidak dipentingkan.
- Teori Nativisme atau aliran nativisme bertolak dari Leibnitzian Tradition yang menekankan kemampuan dalam diri anak, sehingga faktor lingkungan, termasuk faktor pendidikan, kurang berpengaruh terhadap perkembangan anak.
- Teori Konvergensi atau aliran konvergensi. Aliran ini berpendapat bahwa seorang anak di lahirkan di dunia sudah di sertai pembawaan baik maupun pembawaan buruk. Aliran konvergensi pada umumnya diterima secara luas sebagai pnadangan yang tepat dalam memahami tumbuh kembang anak.
Sumber:
Purwanto,
Ngalim. 2003. Ilmu Pendidikan Teoretis
dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Semoga Bermanfaat😊😇
Tidak ada komentar:
Posting Komentar